Travelling

Sunday, April 24, 2011

Jelajah Kota Tua - Misteri Batavia

Tanggal 17 April 2011 , hari Minggu guwe ama krucil keponakan ikut rombongan Mommiesdaily Jelajah Kota Tua. Seneng banget bawa krucil  Tesa dan Humaira jalan jalan lagi. Apalagi duo krucil seneng banget.
Setelah berkumpul di FX jam 8 - 9 an pagi *hihii...banyak yang ngaret, maklum pasti suseh bangunin anak-anak kecil dipagi hari*, akhirnya rombongan berangkat menuju Kota Tua yang terletak didaerah Kota dekat Stasiun Kota.
Sepanjang jalan guide dari Jelajah Kota Tua bercerita tentang sejarah kota Jakarta. Haahahaa..berhubung guwe ama krucil jadi tidak terlalu menyimak tentang sejarah ibukota Negara Republik Indonesia. lebih lengkapnya biasa dibaca disini 

Setelah hampir satu jam perjalanan, maceeet di Senayan nya,akhirnya rombongan sampai juga di Kota Tua. Kita menuju Museum Fatahillah. Dimuseum ini terdapat banyak tersimpan cerita tentang Jakarta. Ada penjara yang ukuran sangat kecil dan pendek. Pernah ada narapidana yang direndam didalam penjara hingga sebatas pinggang. Ternyata pahlawan Cut nyak dien, untung surapati juga pernah dipenjara disini. Serem ya... Oh ya dilapangan Museum ini terdapat tali gantungan buat menghukum narapidana.
Patung hermes juga ada di dalam Museum ini. Patung Hermes ini merupakan Dewa Perdagangan Batavia dan Sunda Kelapa, yang merupakan pelabuhan laut terbesar dijamannya. (sekarang kayaknya masih juga dehh..)
Patung Hermes
Disini juga terdapat Meriam. Meriamnya dinamakan si Jagur. Si jagur ini mempunyai pasangan di Keraton Solo yang bila disatukan akan membawa kemamkuran. Dan punya pasangan di Keraton Banten lama, yang bila disatukan akan membawa kesengsaraan. Si jagur juga dipercaya sebagai lambang kesuburan bagi pasangan yang istri ingin hamil :). 
Latar Belakang Meriam Si Jagur
Setelah puas dan capek tentunya, rombongan menonton Mystery of Batavia. Serunya juga menonton pertunjukan ini. Tapi banyak juga anak anak yang jejeritan karena kaget. Untung guwe duduk dipojokan jadi Humaira aman terkendali.
Pertunjukan Mystery of Batavia
Setelah selesai menonton, rombongan melanjutkan ke Museum Mandiri.Yahh..namanya bawa anak kecil umur 3.5 tahun, dengan cuaca yang panas, mulailah Humaira merengek-rengek minta pulang. Bukan pulang sih , dia pengen makan "dijauh". Maksudnya pengen makan di restoran. Lapar dia. Susah payah guwe membujuknya , akhirnya mau juga diam. Di Museum kami makan siang. Karena tempatnya lumayan adem Humaira anteng dan perutnya sudah diisi dengan makanan.
Selesai makan kami berkeliling Museum Mandiri ini, Museum ini pernah dipakai beberapa waktu oleh Bank Exim. 
 
Buku Besar 

Selesai dan capek berkeliling kota tua "sayang guwe gak foto bareng dengan rombongan, karena humaira sudah merengek lagi menagih makan dijauh". Akhirnya rombongan kembali pulang. Banyak cerita yang guwe dan krucil bawa pulang. Termasuk dapat dua doorprize , Tesa dan guwe lumayan...:)). Terimakasih mommiesdaily...
 


No comments:

Post a Comment