Travelling

Thursday, December 22, 2016

Festival Minangkabau

Festival Minangkabau yang ke 2 yang diadakan di Lapangan Banteng tanggal 10 - 11 Desember 2016, membuat saya penasaran untuk mendatanginya. Masak sebagai orang MInangkabau gak datang ? hiihi..

Jadilah saya sama teman teman saya datang kesana untuk mencoba kuliner yang mungkin saja jarang bisa ditemui di Jakarta. Sebagai pencinta makanan terutama masakan Minangkabau saya datang agak pagi. ( dibaca jam 11 siang sampe ) . karena perjalanan agak jauh dari Bogor.

Sampai disana saya langsung mencari sarapan. Maklum emang sengaja tidak sarapan berat pas berangkatnya. Mampir kami ke sebuah tenda untuk makan lontong sayur. 
Nah khas lontontong sayurya ini. Lontong bukan dibuat pake ketupat atau plastik, Lontongny dibuat digelar dalam panci. Masaknya seperti masak nasi biasa tapi airnya buanyaak banget. Kadang ditambahkan sedikit kemiri halus biar nanti bisa keras. 

Lontong
Jadilah saya dan temen teman pesen lontong sayur ditaburi mie putih ( mihun goreng ) dan pensi. 
Apa itu pensi ? Pensi adalah makanan khas dari daerah Maninjau , seperti keong kecil yang dimasak dengan bumbu yang enak yang makannya butuh ekstra sabar karena makannya susah sambil di hisep hisep gitu. Agak beda sih pensi yang asli dari Maninjau tapi gak papalah hihi..
 
Pensi
Lagi asik makan temen gw di wawancara ama Kompas TV , mayanlah ya masup tipi wakkakaa

aciyee di interpiuuu tipi

Segala makanan pasti adalah ya, rendang dan kerabatnya, sate dan kerabatnya, jariang dan kerabatnya. Nah ada satu booth yang antriannya puanjang banget karena harus nunggu di bakar dulu. Namanya kue singgang aka Bikanya orang Minangkabau. Di Jakarta rada rada susah sih nemuin ini kue. Karena masaknya kudu pake tungku dan harus dialas daun . Lupa nama daunnya.
Singgang yang siap mau di panggang
Selain kulineran ada beberapa acara khas Minangkabau, tapi gak semuanya nonton. Habis jam 12 an makanannya rata rata habis. Maklum yang datang tukang makan semua . 

Next moga acara ini lebih bagus dan tertata. Bak sampah tolong dibanyakin. Karena bekas makanan bertebaran dimana saja. Satu lagi...berharap tahun depan bisa ikutan jualan, gile bokk , harga lumayan mahal dan lakuuuu







Yang pasti " Rang Minang Baralek Gadang "

No comments:

Post a Comment