Travelling

Monday, August 15, 2011

Papandayan

Papandayan, yap Gunung Papandayan itu tujuan trip saya kali ini. Gak Kebayang mau naik gunung. Kesulitan mendaki gunung pasti itu yang jadi pikiran, ditambah kalo ibu saya tahu naik gunung, pastinya dia nyap nyap dan tidak membolehkan saya ikut trip ini. Demi kemaslahatan saya akhirnya saya minta ijin ibu bahwa saya mau jalan jalan ke Garut. Gak salah dong wong gunungnya terletak di Garutkan...Sebelumnya juragan Dwi sudah cerewet untuk olahraga , biar pas mendakinya kuat. Saya jogging sih..,tapi di Mall :)
Tanggal 10 - 12 Juni 2011 jadwal trip ini. Bersama travel trip Justraveller, Kali ini saya mengajak teman kantor saya ikut serta. Indri jadi korban perjalanan saya kali ini, berharap dia senang.
Seperti biasa jadwal berkumpul di area Plaza Semanggi. Kali ini di dekat starbucks. Rombongan berjumlah 14 (empatbelas) orang. Ternyata mereka berkumpul depan Burger King. Capek dehh...., untung udah kenal ama juragannya. jadi tidak terlalu ngangaklah. Dikenalin dengan Emmy,Linda,dinda, Hana,Arman, Latif,Wisnu, Arif dan ketemu lagi sama Aryo. Yang lain ambil dijalan.
Sekitar jam 8 an kami berangkat, ehh..ternyata ada rombongan lain yang gabung, tour guide dan kelompok lain yang berangkat bareng, jemput Indri di Jatibening dan teteh farah beserta keluarga di tol pasteur meluncur kami menuju Garut. Papandayan here we comee...
Pagi kami sampai di titik awal pendakian (istilahnya bokk!!). Dari sini saja suhu udara sudah dingin,tapi pemandangannya sungguh indah.Sebelumnya berhenti di Pom Bensin untuk Shalat Subuh. Sarapan sebentar , mulailah kami mendaki gunung Papandayan. Wewww...ternyata gunung itu tinggi ya.., ya iyyalah..namanya gunung. Kawah kawah belerang menyambut kami di awal pendakian.
Awalnya saya yang pertama lama lama hampir yang paling belakang juga. Dengan susah payah saya mendaki,mau nangis rasanya. tapi karena semangat dari teman teman kaki ini walau berat melangkah juga dengan pasti. Tiap ada tempat yang bisa buat istirahat , saya selalu berusaha untuk istirahat. Ternyata penduduk sini kalau naik gunung sudah pakai motor. Curang ya mereka. coba mau di ojegin lumayankan..

Sepanjang perjalanan yang melelahkan , sambil istirahat, saya menikmati pemandagan yang sungguh indah. Sungguh sangat kecil sekali kita sebagai manusia. Ciptaan Allah SWT sungguh sangat maha bagus, Subhanallah.

Tujuan pendakian adalah Pondok Selada, membayangkan ada tanaman selada disekitarnya. Ternyata cuma nama doang. Tidak ada pondok dan tidak ada selada. Tidak tahu kenapa dinamakan Pondok Selada. Hampir 3 jam akhirnya sampai juga disini. Puas, pasti tentunya, akhirnya saya berhasil naik gunung!  Alhamdulillah...*jogedjoged*

Ternyata di pondok selada itu bukan rombongan kami saja, banyak ternyata, malah ada anak kecil umur kira kira 2 tahun dibawa sama orang tua meraka. Edun juga ya..nekat bawa anak kecil.
Langsung semua istirahat dihamparan dataran yang bisa ditiduri,sambil menunggu tour guide memasak makan  siang dan mendirikan tenda buat nanti malam. Mandi ? tentu tidak!
Makan siang siap,langsung santap, kelar langsung istirahat.Ada juga yang mulai menjelajah tempat-tempat untuk berfoto ria,narsis dan mengabadikan segala sesuatu disekitar itu sudah melekat dari semua peserta trip hehe...
Sore hari kami mencari tempat untuk mandi,gerah juga gak mandi, mana saya sejak hari jumat. Mandi ala jaman jahiliyah kami lakukan hehe, bersembunyi dibalik batu dan yang lain berjaga. bergantian kami lakukan. Lumayan seger walau air sangat dingin sekali.

Mencari kayu bakar untuk api unggun,Shalat,makan malam,api unggun, tidur dengan amat sangat kedinginan.oh Tuhan..Guwe sama Hana teman satu tenda menggigil, katanya suhu udara saat itu sampai 8 C. Walau ada keributan dari tenda tetangga, saya bisa akhirnya bisa melewatinya.
Paginya,pergi kehutan mati untuk berpoto ria. Berandai andai disana ada jual bakso, nasi goreng, haaalaaahh..ada ada saja. Hutan mati itu bekas letusan gunung papandayan yang belum bisa ditanami pohon.

Siang jam 12 kami mulai turun gunung, dan ternyata turun lebih berat, tas ransel saya sempat digulirkan saking beratnya. Alhamdulillah sampai ketitik start juga, hampir 3 (tiga) juga untuk mencapai bawah.Tertatih tatih rasanya bada.

Mandi, beberes, capcus berangkat jakarta.Mampir dulu di Restoran Ampera untuk makan malam. Walau sangat amat kecapekan tapi bahagia. Sebenarnya banyak cerita lucu-lucu, Berhubung nulisnya baru sekarang, bingung buat cerita.
See uu next trip.. Indri, Emmy, Linda, Dinda, Sisca,Bunga,Latif, Wisnu,Arif,Aryo,Teteh Farah,Kang Arifin,Kemal dan Fauzi, Hana , Arman,Juragan Dwi dan Kang Dewo beserta team. !!
Naik gunung lagi ? pengen sihh..